PENDAHULUAN
Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input), memprosesnya untuk menghasilkan informasi (output), dan kemudian menyimpannya ke media penyimpan (Secondary Storage). Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar. Pengoperasian komputer dilaksanakan melalui sistem komputer.
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak(software), operator (manusia) yang disebut brainware dan perangkat keras (hardware) yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem computer. Pada gambar 1dibawah ini ditunjukkan input-process-output model.
a) Input-Process-Output Model
- Input device: alat yg digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupasignal input atau maintenance input. Signal input : data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, Maintenance input : program yg digunakan untuk mengolah data yg dimasukkan.
- Output device: adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas),soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh: disk file, printer, video monitor, sound card.
- Storage device: adalah alat penyimpan data. Contoh: floppy disk, hard disk, zip disk, tape, flash disk, compact disk
- Process: arithmetic/logical/sorting/match operations
- I/O Ports: bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
- Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
- Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
- Control Bus : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
- Motherboard : adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori utama, video card, RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu komputer.
b) Komponen Komputer
- CPU (Central Processing Unit): CPU merupakan otak sistem komputer yang melaksanakan instruksi. Pemroses (CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logika dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu; ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
a) CU (Control Unit): Digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan. Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output
b) ALU(Arithmatic and Logic Unit): Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan aritmatika.
c) Register: alat penyimpan yang berukuran kecil yang terdapat pada CPU. Alat penyimpan kecil ini memiliki kecepatan akses cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan isnstruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama (.Register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu: Instruction Register(IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses. Program Counter (PC) digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya. General purpose register, punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
d) Bus: Menghubungkan CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O).
Memori: memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal.
a) Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama:
- Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
- Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
b) ROM (Read Only Memory) yaitu tipe memori yang secara permanen atau semi permanen menyimpan data. Dinamakan read-only karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis ke dalam memori jenis ini. ROM sering disebut sebagai nonvolatile memory karena data yang telah disimpan ke dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan ketika catu daya dimatikan.memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali. Berikut ini merupakan jenis-jenis ROM:
- PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
- EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
- Chasing : bentuknya bermacam-macam yaitu tempat untuk meletakkan semua komponen (perangkat keras komputer).
- Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa Inggrisnya (mouse). Bentuk mouse yang umum adalah dua tombol – masing-masing di kiri dan kanan yang bisa “diklik”. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun Bluetooth.
- Keyboard atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling popular. QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard.
- Monitor : merupakan sebuah output device yaitu untuk menampilkan data atau informasi ke layar.
- Hard disk (Hard Drive): sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan data, yang terpasang di dalam komputer dan dapat menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset. Data-data dalam hard disk disimpan di permukaan magnetis yang berputar.
- Floopy Drive : adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang. Disket “dibaca” dan “ditulis” menggunakan floppy disk drive, yang terletak di CPU. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.
- CD Room
Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital. CD diperkenalkan pada tahun 1982, dan tetap menjadi format standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006. Sebuah CD audio mengandung satu atau lebih track stereo yang disimpan dengan coding 16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar memiliki diameter 120 mm atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80 menit audio. Piringan 80 mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung sekitar 20 menit audio. Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpan data, dikenal sebagai CD-ROM, dan untuk media yang dapat ditulis sekali dan berulang kali (CD-R and CD-RW). CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri PC per tahun 2006.
- VGA Card : VGA atau Video Graphics Adapter. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32,64,128,256 megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
c) Komponen Tambahan
1. Sound Card : Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
- LAN Card
LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan 2 buah computer atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti kabel, infra merah dan lain sebagainya.
- CD Writer / DVD Writer
Alat ini digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah Compact Disk.
- Modem
Modem (Modulator Demodulator): metode standard untuk menghubungkan ke internet. Modemalat dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal analog.
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
Software (Perangkat Lunak) digunakan untuk memerintahkan mesin untuk melakukan sesuatu.
a) Pembagian Software
1. System Software
Software dibagi menjadi 2:
1. System Software: System software atau yang biasa disebut sebagai Operating System (sistem operasi) dibuat oleh berbagai perusahaan atau komunitas internet tertentu. Sistem operasi banyak berupa software komersial tetapi ada juga beberapa yang dapat diperoleh dengan gratis. Contoh system software:
- DOS (Disk Operating System)
- Linux
Linux pertama kali diperkenalkan oleh seorang mahasiswa univesitas Helsinki, Finlandia yang bernama Linus Benedict Troval pada tahun 1991. Pada awal perkembangannya, kode sumber (source code) Linux disediakan secara bebas di internet sehingga memungkinkan semua pemrogram di seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sistem operasi ini. Sejalan dengan perkembangan jaman Linux dikembangkan oleh beberapa komunitas yang berbeda sehingga menghasilkan banyak varian dari linux. Contoh varian atau distro yang banyak digunakan adalah redhat, mandriva, suse, trustix merdeka, ubuntu, kubuntu, edubuntu, slackware dll.
- Windows
Windows dibuat oleh perusahaan Microsoft dibawah pimpinan Bill Gates. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang hampir 90% digunakan oleh masyarakat indonesia. Saat ini Windows mulai tergeser oleh Linux dikarenakan sistem operasi ini merupakan shareware sehingga apabila menggunakan windows harus membelinya.
- FreeBSD
- Mac OS
- Be Os
- Windows CE
2. Application Software
Applications Software: Applications Software dibuat oleh seorang programmer komputer. Programer adalah orang yang men-design, menulis, mengetes dan mengimplementasikan software. Contoh: Microsoft word, SPSS, Ms Excel.
b) Macam – Macam Software Berdasarkan Cara Mendapatkannya
Software dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan cara mendapatkannya :
- Freeware: Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna secara bebas.
- Shareware: Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna secara bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi dari pengguna programnya. Kontribusi ini biasanya berupa uang.
- Commercial: Program / aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya dikemas dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku panduan. Untuk dapat menggunakan program ini pengguna harus membelinya.
BRAINWARE
Brainware adalah orang yang mengguakan komputer. Brainware dapat dikelompokan menjadi 3 macam:
a) Operator: seseorang yang mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula dikatakan dengan seseorang yang menjelaskan tindakan untuk dilaksanakan.
b) Programer: seseorang yang bertugas merancang, menulis, dan menguji komputer
c) System Analyst: seseorang yang bertugas untuk melakukan spesifikasi penyelesaian masalah.
0 komentar:
Posting Komentar